Taukah Anda Waktu Olahraga Yang Tepat Jika Anda Kerja Malam

Taukah Anda Waktu Yang Tepat Jika Anda Kerja Malam

Fillerblog.com – Banyak orang yang memiliki kesibukan di malam hari hal ini membuat kita jadi terkendala dalam berola raga. Olahraga sangat penting bagi tubuh agar mengeluarkan keringat. Namun bagi anda yang memiliki kendala karena kerja malam berikut fillerblog.com akan membahas tips lengkapnya di bawah ini.

Bekerja di luar jam kerja secara umum sebenarnya rentan membuat kesehatan kacau. Bisa jadi diet dan olahraga diabaikan karena kesulitan mengatur waktu.
Terutama pekerja yang menjalankan shift malam bekerja dari malam hingga subuh. Olahraga di pagi hari tidak memungkinkan karena tubuh lelah. Jika Anda tidak berolahraga, kesehatan benar-benar terganggu. Hmm … bagaimana?

Dikutip dari Live Strong, ada tiga waktu yang bisa disesuaikan pada jadwalmu untuk menyempatkan berolahraga. Pilihlah waktu yang dirasa sesuai dan bisa berkomitmen melakukannya secara rutin. Di luar itu, tetaplah menjaga kesehatan dengan makan teratur yang sehat dan cukup tidur.

Yang pertama adalah sebelum kerja. Bekerja shift malam tak berarti kamu merasa segar sebelumnya, karena secara alamiah kerja tubuh melambat di malam hari. Jika kamu merasa lelah, moody atau lesu, kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga ketimbang minum segelas kopi.

“Olahraga melawan stres dan rasa cemas, meningkatkan daya tahan, konsentrasi dan fokus serta meningkatkan energi dan mood,” demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.

Kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga sebelum berangkat kerja, misal melakukan aktivitas kardio seperti berenang, bersepeda, atau lari selama 30 menit. Bersepeda ke tempat kerja juga bisa menjadi pilihan, lalu pertimbangkan untuk menggunakan tangga.

Baca juga : Hal Sederhana Namun Bisa Menjaga Kesehatan

Waktu kedua adalah saat bekerja. Dengan segala macam hiruk pikuk kegiatan saat bekerja, rasanya tak mungkin berolahraga saat bekerja. Belum lagi, berolahraga saat dini hari rasanya tidak cocok. Eits, tidak begitu, lho sebenarnya.

Kamu bisa menyimpan dumbbell ringan, mungkin berukuran 1 kg, di kantor, untuk bisa kamu gunakan di sela-sela waktu kerja. Push-up dan berjalan sekitaran kantor juga bisa menjadi alternatif yang baik.

Waktu ketiga tentu saja saat usai bekerja. Rasa lelah dan ngantuk mungkin akan menjadi alasan terbesarmu menghindari olahraga. Jika shift bekerjamu usai sekitar jam 6 atau 7 pagi, kamu bisa berolahraga ringan seperti berjalan-jalan atau yoga selama 10-15 menit. Olahraga ini bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak dan tanpa stres.

Related posts