Tinggalkan Nasi Bekas Pake

Tinggalkan Nasi Bekas Pake

fillerblog.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Nasi Putih yang tidak boleh dimasak ulang. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Nasi Putih yang Tidak Boleh Dimasak Ulang

Suka memasak ulang nasi yang tak habis disantap setelah sehari berlalu? Rasanya jika hal itu ditanyakan kepada orang Indonesia, akan cukup banyak yang akan menjawab “ya”.Ya, sebab sayang rasanya jika nasi sisa kemarin, apalagi bila jumlahnya banyak hanya dibuang begitu saja.

Padahal, faktanya praktik yang lumrah dilakukan orang Indonesia ini sangat berbahaya bagi kesehatan.Dilansir dari independent.co.uk, National Health Service (NHS), sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, Wales, dan Skotlandia, kita bisa mengalami keracunan makanan jika makan nasi sisa kemarin.

Meski nasi tersebut sudah kita panaskan ulang.Namun masalahnya kita bisa keracunan makanan bukan karena nasi telah dipanaskan ulang atau tidak.Tapi bagaimana cara nasi disimpan setelah dimasak untuk pertama kalinya.Seperti diketahui, beras sering mengandung spora Bacillus cereus, sel yang mampu bereproduksi dengan cepat dan bisa merubah menjadi untai bakteri.

Jika nasi dibiarkan berada pada suhu kamar setelah dimasak, spora bisa tumbuh menjadi bakteri, yang pada akhirnya akan berlipat ganda.Inilah yang bisa menyebabkan kita mengalami keracunan atau muntah dan diare.Jadi, sangat penting untuk kita tahu bagaimana cara menyimpan nasi dengan cara yang benar dan bisa memanaskannya kembali nanti.

Baca Juga : Pisangnya Pelan Pelan Ini Manfaatnya

Lalu bagaimana cara kita menghindari keracunan makanan?

NHS merekomendasikan untuk segera sajikan nasi setelah dimasak. Lalu dinginkan sisa nasi secepat mungkin (idealnya satu jam).Setelah itu, simpanlah nasi di kulkas (tapi tidak lebih dari satu hari) sebelum dipanaskan ulang.Terakhir, jangan pernah mencoba memanaskan nasi sisa lebih dari satu kali.

Kapan terakhir kali Anda mengkonsumsi mi instan campur nasi putih?

Jika itu sering Anda lakukan, sebaiknya mulailah menguranginya sekarang juga.Mengkonsumsi mie instan dicampur nasi memang akan mengenyangkan perut. Tetapi menurut ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mencampur dua jenis makanan itu akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh.Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik,” kata Dr Samuel OetoroSelain itu, menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini, kebiasaan mengkonsumsi mie instan dicampur nasi hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula.

Tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

“Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat,” terangnya.

Related posts