Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Fillerblog.com – Buah belimbing merupakan buah tropis berbentuk bintang, yang banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Nepal, Sri Lanka, dan India. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini, dikenal dengan nama ilmiah Averrhoa Carambola. Tak hanya populer di negara-negara di Asia saja, buah belimbing juga terkenal di negara-negara Barat karena kandungan gizinya yang sangat tinggi.

Selain kandungan gizinya yang tinggi, belimbing juga kaya akan antioksidan, yang secara efektif dapat menghambat perkembangan sel kanker. Tak hanya dapat menghambat perkembangan sel kanker saja, buah belimbing juga masih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini ulasan beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Mencegah penyakit katarak
Khasiat pertama buah belimbing untuk kesehatan adalah dapat mencegah penyakit katarak. Pada buah belimbing terdapat kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga membuat kesehatan mata dapat terjaga, dan terhindar dari penyakit mata seperti katarak dan penyakit degeneratif makula.

2. Mengobati batuk yang membandel
Kandungan vitamin dan mineral pada buah belimbing, dapat membantu mengobati batuk dan iritasi yang terjadi karena batuk yang tak kunjung rendah. Selain itu, nutrisi pada buah belimbing berfungsi sebagai ekspektoran diuretik, sehingga dapat membantu melonggarkan lendir yang ada pada tenggorokan.

3. Mengontrol tekanan darah
Kandungan kalium dan natrium yang rendah, dan tingginya kandungan potasium pada belimbing dapat mencegah tekanan darah meningkat secara signifikan. Selain itu, jumlah kandungan kalsium yang moderat pada belimbing dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghilangkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri.

4. Menurunkan berat badan
Buah belimbing kaya akan nutrisi dan juga serat, namun rendah kalori, sehingga baik untuk seseorang yang sedang menjalankan program dietnya. Kandungan serat yang ada pada belimbing dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, serta kandungan nutrisinya dapat menurunkan nafsu makan, yang nantinya akan berujung pada penurunan berat badan.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih untuk Perawatan Kecantikan

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan yang ada pada belimbing tak hanya dapat menghambat perkembangan sel kanker, namun juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, belimbing juga kaya akan vitamin C, yang dapat memperbaiki kondisi sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun.

6. Menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL)
Kadar lemak alami yang rendah, dan kandungan serat yang tinggi pada belimbing dapat mengontrol dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Kadar serat yang tinggi pada belimbing dapat mengontrol kadar kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL), sehingga dapat membantu menurunkan resiko penyakit stroke, jantung koroner, dan aterosklerosis.

7. Mengontrol gula darah
Kandungan serat yang tidak larut pada buah belimbing, dapat mencegah pelepasan glukosa sesudah makan, sehingga dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Belimbing merupakan salah satu buah terbaik lho untuk penderita diabetes, karena rendah kalori dan karbohidrat, sehingga dengan mengonsumsinya tidak akan menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah.

Related posts