Kegunaan Bunga Saffron untuk Kecantikan

Kegunaan Bunga Saffron untuk Kecantikan

Fillerblog.com – Banyak dari kalangan artis atau selebgram yang menggunakan bunga ini, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Tidak jarang pula, banyak yang menjadikan bunga saffron sebagai bisnis untuk diperjualbelikan dengan harga yang fantastis. Berasal dari bunga Crocus Sativus atau dikenal dengan sebutan bahasa Arab yaitu, Zafaran.

Sedangkan dalam bahasa Melayu disebut dengan Kuma-Kuma yang berarti bunga yang memliki bentuk yang sangat indah dan memiliki 3 kepala putik (sigma). Aroma dari bunga ini sangatlah harus, dan memiliki rasa yang pahit. Saffron juga sering digunakan dalam masakan India dan Oriental untuk menambahkan rasa dan aroma khas pada hidangan yang membuatnya eksotis. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari bunga ini,terutama untuk kesehatan. Namun, dalam artikel kali ini kita akan membahas kegunaan bunga saffron untuk kecantikan dan juga cara membuat masker dari saffron untuk wajah, jadi simak baik-baik ya!

1. Mencegah dan menghilangkan bekas jerawat
Siapa yang tidak kesal bila ada jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah kita? Jerawat yang muncul tiba-tiba tentunya membuat kita merasa tidak percaya diri, belum lagi kita juga merasakan sakit dan perih bila disentuh. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh pada wajah seseorang. Dimulai dari kotoran yang menempel pada wajah, make up, stress, hormon, dan lain-lain. Tapi jangan khawatir, kita bisa menggunakan bunga saffron untuk menghilangkan itu semua. Kita dapat membuat sendiri ramuan untuk penghilang jerawat loh! Siapkan bahan-bahan ini :

  • Daun Basil
  • 10-15 helai Saffron
  • Air

Setelah kamu siapkan bahan-bahannya, giling daun basil dan saffron secara bersamaan untuk medapatkan tekstur yang halus. Setelah halus, oleskan dibagian wajah yang berjerawat, biarkan sampai mengering sampai beberapa menit, lalu setelah itu cuci wajah kamu sampai bersih.

2. Mencerahkan kulit wajah
Pasti banyak kaum hawa yang menginginkan wajah bersih, cerah, dan glowing. Zaman sekarang banyak sekali perawatan yang dapat mencerahkan wajah, baik secara alami maupun instant. Mulai dari masker organik, sampai ada yang melakukan suntik putih demi mendapatkan kulit yang diidamkan. Namun, disini kita juga bisa meracik sendiri masker yang berbahan dasar saffron, kamu hanya siapkan 3 bahan ini:

  • 10 helai saffron
  • 4-5 almond
  • air

Setelah menyiapkan bahan-bahan kamu dapat membuat masker pencerah wajah ini dimulai dengan merendam almond dan saffron di malam hari. Lalu, di hari selanjutya kamu tinggal menghaluskan kedua bahan tersebut hingga menghasilkan tekstur masker yang halus. Setelah menjadi masker, oleskan secara merata ke seluruh wajah, diamkan secara 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Melembabkan kulit wajah
Tahukah kamu mengapa saffron dapat digunakan untuk melembabkan wajah? Ketika kamu menggunakan saffron yang diekstraksi dalam bentuk krim, ia bekerja sebagai agen antisolar, dimana, ia menyerap sinar UV dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari loh! Wah keren ya!

Kamu juga bisa loh membuat masker sendiri dari saffron untuk melembabkan kulit wajah. Kamu hanya memerlukan:

  • 1/4 gelas air bersih
  • 4-5 helai saffron
  • 2 sendok makan susu bubuk

Lalu buat masker dengan bahan-bahan tersebut dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci muka dengan air biasa. Tapi, kamu harus rutin ya memakainya, agar kulit kamu tidak kering, minimal 2x seminggu ya!

Baca Juga : Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

4. Menjaga kulit agar tetap awet muda
Saffron memiliki kandungan karotenoid aktif, seperti crocetin, menunjukkan sifat antioksidan dan antinociceptive. Kandungan ini membantu kulit kita secara optimal untuk selalu sehat dan juga tampak awet muda loh! Kamu bisa membuat masker dengan menggunakan bahan-bahan ini:

  • 3-4 helai saffron
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat dan pemakaiannya yaitu, campurkan saffron ke dalam minyak. Setelah itu Pijat kulit dengan gerakan ke atas menggunakan minyak ini. Bersihkan minyak setelah satu jam menggunakan tisu basah. Kamu bisa membiarkan minyak ini dalam semalam. Pijatan dengan minyak yang diresapi saffron akan meningkatkan sirkulasi ke kulit dan memberikan cahaya yang indah. Memijat juga akan membantu asam lemak bergizi dari minyak agar mudah diserap ke dalam kulit.

5. Mengurangi iritasi pada kulit wajah
Rasa gatal yang tiba-tiba dapat memicu iritasi pada kulit wajah ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari sabun wajah yang tidak cocok, atau gaya hidup yang kurang bersih. Saat kulit wajah mengalami iritasi, pasti timbul warna kemerahan dan hal itu tentunya sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengatasi hal itu kita dapat meracik bahan yang berbahan dasar saffron untuk mengurangi iritasi tersebut. Jangan lupa untuk siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sendok makan madu
  • 2-3 helai saffron

Campurkan madu dan saffron, setelah itu oleskan pada kulit wajah dengan dipijat gerakan memutar. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas oleh air. Antioksidan yang terkandung pada madu dapat membantu kulit kamu menghilangkan noda, bintik hitam, dan juga bekas luka dari kulit kamu loh!

Nah, itulah macam-macam kegunaan dan cara meracik masker berbahan dasar saffron untuk kecantikan, selamat mencoba…

Related posts