Jangan Makan Makanan Ini Mentah

Jangan Makan Makanan Ini Mentah

Fillerblog.comJangan makan makanan ini dengan kondisi mentah karena makanan ini sangat tidak baik jika di makan dengan mentah. Berikut ini Fillerblog.com akan memberikan makanan apa saja yang tidak baik bagi tubuh.

Contohnya saja kamu akan menanak beras untuk membuat sebuah nasi yang bisa kamu konsumsi. Atau kamu akan memasak sayur-sayuran dari sayur mentah untuk kemudian menjadi makanan yang siap di konsumsi. Namun tidak sedikit pula makanan yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu, terutama buah-buahan. Banyak jenis buah-buahan yang tidak harus diolah atau dimasak terlebih dahulu saat akan di konsumsi. Namun ada juga beberapa bahan makanan yang benar-benar harus di olah atau di masak terlebih dahulu ketika akan dikonsumsi.

Bahan makanan mentah ini harus di olah atau di masak terlebih dahulu karena mungkin mengandung senyawa yang berbahaya jika di makan secara langsung atau mentah. Atau mungkin bahan makanan mentah tersebut memiliki tekstur yang keras sehingga harus di lunakkan terlebih dahulu dengan memasaknya. Berikut ini Duniiakesehatan.com sudah merangkum dari Reader’s Digest, Senin (29/4/2019), beberapa makanan mentah yang tidak baik dikonsumsi secara langsung tanpa diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Kentang
Kentang tidak baik dikonsumsi secara langsung atau dalam keadaan mentah tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu. “Mengkonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan, karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna,” kata Dr. Lisa Davis, kepala petugas nutrisi di Terra’s Kitchen. Selain itu, kentang yang terlalu lama disimpan dan tidak diolah akan muncul bintik-bintik hijau yang bisa berbahaya bahkan beracun. Sebaiknya jika kentang sudah memunculkan gejala ini, untuk tidak mengkonsumsinya atau dibuang.

Singkong
Singkong memang mengandung vitamin dan mineral, namun ternyata singkong juga mengandung sianida. Daun dan akar singkong mentah mengandung glikosida sianogen, bahan kimia yang melepaskan sianida saat dimakan. Maka dari itu kamu tidak bisa mengkonsumsi singkong mentah dan harus di kupas, dan dicuci terlebih dahulu kemudian diolah atau dimasak lalu baru bisa kamu makan.

Baca juga : Ini Dampak Sangat Buruk Rutin Makan Gorengan

Kacang Merah
Kacang merah memang mengandung banyak protein, serat, dan antioksidan. Tetapi jika kamu mengkonsumsinya saat mentah atau tanpa diolah terlebih dahulu maka bisa membuat masalah kesehatan.

“Kacang merah mentah mengandung toksin phytohemagglutinin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan gejala yang mirip dengan keracunan makanan,” kata Dr. Davis. Pastikan untuk merebus kacang merah selama kurang lebih 10 menit sebelum memakannya.

Susu
Susu mentah adalah susu yang langsung dari sapi tanpa olah terlebih dahulu. Susu yang datang langsung dari sapi, tanpa di pasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella. Menurut FDA, susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit bawaan makanan dari pada produk susu lainnya.

Kecambah
Kecambah atau tauge yang tidak diolah atau dimasak dahulu atau masih mentah bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E-Coli, Salmonella, dan Listeria. Kecambah ditanam dalam kondisi hangat dan lembab di mana bakteri ini mudah tumbuh subur. Usahakan untuk membeli kecambah yang masih segar, dan mencucinya secara bersih sebelum diolah atau dimasak.

Related posts